Politik

Dewan Dukung Dinas Ketapang Beri Bantuan Rumah Jamur

Medan, buanapagi.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Surianto SH, mendukung Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) yang telah memberikan bantuan rumah jamur kepada masyarakat di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan.

Namun begitu, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Medan yang akrab disapa dengan sebutan Butong itu berharap, kegiatan pemberian bantuan yang dilakukan Dinas Ketapang tersebut tidak berhenti hanya sampai disitu saja. Akan tetapi, Dinas Ketapang dapat memberikan pendampingan secara menyeluruh.

“Pemberian bantuan rumah jamur kepada warga Tangkahan itu sangat baik, kita mendukungnya. Tapi kita harapkan, dukungan Dinas Ketapang kepada warga itu tidak hanya sampai pada pemberian bantuan itu saja, tetapi juga harus diikuti dengan pendampingan yang menyeluruh,” ucap Butong, Jumat (5/8/2022).

Pendampingan yang dimaksud, kata Butong, Dinas Ketapang juga harus turut serta dalam melihat dan membantu proses jalannya pertanian dengan konsep urban farming yang dilakukan kelompok tani tersebut hingga bisa menciptakan hasil pertanian yang memuaskan atau seperti yang diharapkan.

Mengingat, Dinas Ketapang memiliki tugas penting dalam memastikan jalannya program peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan yang merupakan program pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun Pemerintah Kota Medan.

“Lalu seyogiyanya, Pemko Medan melalui OPD terkait juga harus bisa membantu kelompok tani ini dalam menjual hasil pertaniannya dengan harga yang baik. Sebab tujuan utamanya tadi adalah menambah penghasilan masyarakat guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan,” tegasnya.

Apalagi, sambung Butong, kelompok tani tersebut merupakan binaan Dinas Ketapang. Maka idealnya, pembinaan dapat dilakukan secara menyeluruh, bukan hanya mulai dari pelatihan dan pemberian bantuan berupa alat kerja, tetapi juga pendampingan hingga proses pemasaran agar produk pertanian yang dihasilkan bisa betul-betul memberikan manfaat secara ekonomi kepada masyarakat.

“Kita harapkan juga, semua OPD-OPD di jajaran Pemko Medan dapat saling berkoordinasi satu sama lain. Sebab yang kita tahu, OPD-OPD lain juga ada memberikan bantuan kepada masyarakat, jangan nanti program bantuan seperti ini jadi tumpang tindih. Intinya harus berkolaborasi untuk mewujudkan program-program Wali Kota Medan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, guna meningkatkan perekonomian warga, Pemko Medan melalui Dinas Ketapang memberikan bantuan berupa rumah jamur kepada warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Nusa Jadi di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (4/8).

Bantuan ini diserahkan langsung Kepala Dinas Ketapang Kota Medan, Emilia Lubis didampingi Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Bukhari, perwakilan Bappeda Kota Medan Natal Lely Sembiring, Lurah Tangkahan, serta seluruh seluruh anggota Kelompok Tani Nusa Jadi yang merupakan binaan dari Dinas Ketapang Kota Medan.

“Kita ingin bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Nusa Jadi sebagai salah satu sumber penghasilan keluarga sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga,” ucap Kadis Ketapang Kota Medan, Emilia Lubis.

Selain itu, kata Emilia, bantuan ini juga merupakan program yang bertujuan untuk mendukung visi dan misi Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam upaya peningkatan ketahanan pangan di Kota Medan melalui konsep urban farming yang berbasis budaya dan teknologi.

Dengan begitu, konsep urban farming juga diharapkan dapat menjadi alternatif keterbatasan lahan pertanian yang ada di wilayah Kota Medan dalam memenuhi produksi kebutuhan pangan.(bp1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *